Tuesday, November 9, 2010

how to 4 stroke engine work??

Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).
Empat proses tersebut terbagi dalam siklus :
Langkah hisap : Bertujuan untuk memasukkan kabut udara – bahan bakar ke dalam silinder.  Sebagaimana tenaga mesin diproduksi tergantung dari jumlah bahan-bakar yang terbakar selama proses pembakaran.
Prosesnya adalah ;
  1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB).
  2. Klep inlet terbuka, bahan bakar masuk ke silinder
  3. Kruk As berputar 180 derajat
  4. Noken As berputar 90 derajat
  5. Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder
 SOHC vs DOHC
single over head cylinder (SOHC) adalah sistem kerja mesin dengan mengandalkan 1 noken ass (camshaft) dan 1 pasang klep (in dan ex). kelebihan dari SOHC adalah lebih efisien dan mudah dalam perawatan. kekurangan dari SOHC adalah lambatnya dalam durasi buka tutup klep dan bisa terjadinya floating.
berikut adalah gambar dari SOHC.













Double over head cylinder (DOHC) adalah sistem kerja mesin yang menggunakan 2 camshaft dan 2 pasang klep (2 in dan 2 ex). DOHC memamgn jauh lebih modern di bandingkan dengan SOHC karena dia lebih banyak menggunakan klep dan sistem buka tutup klep yang jauh lebih cepat. kelebihan dari sistem ini adalah cepatnya proses pembakaran di mesin sehingga dapat lebih cepat mencapai top speed. kekuranggannya adalah sistem mesin ini kurang efisien karena membutuhkan head piston yang lebih besar dan boros bensin. berikut tampilan dari DOHC.













berita ini di sampaikan langsung oleh rama arvian the junior engginer 

No comments:

Post a Comment